Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

My Best Music

[MUSE]
[Avenged sevenfold]
[Akon]
[Green Day]
[Blink]
[My Chemical Romance]
[Avril Lavigne]
[Linkin Park]

IKIP PGRI Semarang

About Me

Foto saya
Nothing special about me. sedikit gambaran mengenai diri saya. Kurang suka dengan hal-hal yang berlebihan ( LLEBBAY ).terkadang lebih suka sendiri daripada berdiri di keramaian ( Loh..malah kaya lagi nulis judul puisi,hehe ). kalo ada yang suka lagu akon yang "Mr LoneLy" y dikit mewakili Daku mungkin.,..hehehe.mungkin juga si akon buat lagu ntu wat daku ini..hehehe ( malah tambah menjadi narsisnya)

=Visitors=

Pengikut



super komputer


super komputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.

Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.

Penggunaan

Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.

Desain

Superkomputer biasanya unggul dalam kecepataan dari komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungn tertentu, biasanya penghitungan angka, dan dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya. Hirarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi.

Seperti dengan sistem paralel pada umumnya, hukum Amdahl berlaku, dan superkomputer didesain untuk menghilangkan serialisasi software, dan menggunakan hardware untuk mempercepat leher botol.

Superkomputer tercepat

* 25 Maret 2005 - Bluegene/L yang dibuat oleh IBM yang berada di Lawrence Livermore National Laboratory, Amerika Serikat mempunyai 32.768 buah prosesor mampu mencapai kecepatan komputasi 135,5 TFlops.
* 27 Oktober 2005 - Bluegene/L telah mencapai kecepatan komputasi 280,6 TFlops.
* 27 Oktober 2005 - Bluegene/L mencapai kecepatan komputasi 280,6 TFlops.
* Juni 2008 - IBM Roadrunner mencapai kecepatan 1,026 petaflop

Per November 2005, 61% dari 500 superkomputer tercepat berada di Amerika Serikat disusul oleh Britania Raya (8,2%), Jerman (4,8%), Jepang (4,2%), Republik Rakyat Cina (3,4%), Australia (2,2%), Israel (1,8%), Prancis (1,6%), Korea Selatan (1,4%), Italia (1,2%) dan Kanada (1,2%).

43,8% dari 500 superkomputer tercepat tersebut dibuat oleh IBM diikuti oleh Hewlett-Packard (33,8%), Cray (3,6%), SGI (3,6%), Dell (3,4%), Linux Network (3,2%), NEC (1,2%), Atipa Technology (1%), buatan sendiri (1%) dan Hitachi (1%).

Raksasa prosesor dunia Intel masih memimpin dengan prosesor Intel IA-32 yang dipakai 41,2% dari 500 superkomputer tercepat tersebut diikuti oleh Intel EM64T (16,2%), Power (14,6%), AMD x86-64 (11%), Intel IA-64 (9,2%), PA-RISC (3,4%) dan Cray (1,6%).

Sebanyak 72,2% dari 500 superkomputer tersebut menggunakan sistem operasi Linux, selebihnya menggunakan AIX (8,8%), HP-UNIX (6,2%), CNK/Linux (3,6%), UNICOS (2,8%), MacOS X (1%) dan SuSE Linux 9 (1%).

Super komputer dalam teknologi disebut HECToR
Teknologi sudah menjadi sesuatu yang terbesar di duinia. Komputer-komputer super adalah pengiriman pengetahuan terbaik saat
ini, satu yang paling populer disebut HECToR. Komputer yang disebut HECToR dapat membantu menjawab beberapa pertanyaan terbesar dalam pengetahuan. HECToR adalah salah satu negara komputer tercepat dan salah satu yang paling berkuasa di Eropa. Hal itu akan memungkinkan kami melakukan penelitian bahwa tidak bisa menggunakan cara lain dengan mudah. Penelitian didasarkan pada kekuatannya untuk mempelajari arus samudra HECToR yang memungkinkan untuk membangun bagian-bagian kecil dalam memajukan penggabungan komputerHECToR untuk membuat pesawat perang yang lebih tidak terlihat oleh radar. Proyek-proyek lainnya termasuk penelitian superkonduktor, mesin pembakar, dan material-material baru. Pada saat ini ilmuwan sangat tertarik pada super komputer yang compatibel karena mereka tahu itu; ilmuwan bekerja di lapangan berinterval dari kosmologi dan fisika atom ke simulasi bencana dan peduli kesehatan akan juga memakai komputer. Mesin ini adalah salah satu penemuan yang paling dan terbesar saat ini, beberapa ilmuwan berkata"inilah teknologi yang kami cari" mesin ini yang berdiri atas nama HECToR yang berarti High-End-Computing-terascale-Resource. Super komputer ini dibuat di USA dan pemimpin pabriknya berada dalam salah satu perusahaan yang bertanggung jawab yang disebut Cray.Inc. Mereka puas dengan salh satu potensi ilmu pengetahuan. HECToR.CRAY>INC di publikasi tahun ini, dan digunakan untuk mempelajari hal terpenting dalm pemerintahan dalam bidang senjata nuklir tanpa perlu pengujian bawah tanah. Teknologi berkembang sangat cepat dan super-komputer akan segera selesai, bukan sejauh ini yang terbesar di dunia.





Adakah komputer yang pengolahan prosesnya super cepat dan tidak pernah terpikirkan sebelumnya? Jelas ada! Superkomputer adalah jawabannya.

Apakah superkomputer itu? Me­ngutip dari Wikipedia, definisi superkomputer adalah teknologi me­sin komputer yang di desain khusus untuk kapasitas proses super cepat, terutama dalam kecepatan kalkulasi dan pe­ngolahan data besar. Lalu, siapa saja produsen superkomputer? Digunakan untuk kebutuhan apa? Apa bedanya de­ngan server biasa? Semua akan diulas di sini.

Roadrunner, salah satu produk superkomputer buatan IBM menduduki tempat teratas dalam daftar Top 500 superkomputer tercepat dunia. Kecepatannya mencapai 1,1 Petaflops, artinya mampu mengerjakan 1,1 Kuadriliun operasi komputasi per detik. Sementara itu, Jaguar, superkomputer buatan Cray, menempel ketat di belakang Roadrunner dengan 1,06 Petaflops per detik. Bahkan, tidak lama lagi pendatang baru dari IBM, Sequoia siap menyaingi keduanya.
Diharapkan, tahun 2011 IBM menyelesaikan Sequoia yang memiliki performa 20 kali lebih “super” dibanding Roadrunner atau lebih besar daripada 400.000 prosesor dengan CPU 3 GHz quadcore. Berapa besar 20 Petaflops ini? IBM menganalogikannya “kalkulasi yang dihitung Sequoia selama satu hari, membutuhkan 1000 tahun dan 6 milyar orang untuk menghitungnya dengan kalkulator”.

Superkomputer untuk ramalan cuaca
Solusi pengaturan data inilah yang kini sedang diteliti oleh para pengembang software IBM di Rochester, Minnesota. Namun, mereka tidak mengkoordinasi pekerjaan 300.000 prosesor seperti pada superkomputer Jugene, melainkan menambahkan lebih banyak chip untuk kelancar­an arus data.
Superkomputer Sequoia akan menggunakan 1,6 juta prosesor dan 1,6 Petabyte RAM. Semua itu akan ditempatkan pada 96 rak di dalam ruang seluas 340 meter persegi. Superkomputer ini akan mencapai 20 Petaflops. Superkomputer ini diproyeksikan untuk kebutuhan simulasi penuaan senjata nuklir.

Category: 2 komentar

2 komentar:

Anonim mengatakan...

owmmmh gt y...ande saja saya punya yang sepeti itu...hehehe

Mr. Andreas mengatakan...

haha....akhirnya bisa nemu artikel kaya ginian...lumayan bagus

Posting Komentar

http://www.paid-to-promote.net

Total Tayangan Halaman

My Yahoo Messenger

4 shared Premium downloader

4D cLass FB

[Naufal]
[Nelul]
[Wulan]
[Endang]
[Alien]
[Lisyanti]
[Venti]
[tHe Kebongce]
[Dani]
[eka]
[Handa]
[GunduL Hendro]
[Vitri]
[Wina]
[Tri]
[Rara]
[Putri]
[teless]
[Opi]
[Sincan]
[NeiLa]
[Udin]
[Community FB of 4D]


ShoutMix chat widget

Mohon Menunggu ~_~